Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

elearning.nurulhuda.id
Tidak ada gambar - https://elearning.nurulhuda.id

Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Menurut Kotler dan Amstrong, Bauran pemasaran adalah sekumpulan variabel-variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan.
Menurut Bygrave dalam bukunya "The Portable MBA in Entrepreneurship" Strategi bauran pemasaran adalah kumpulan petunjuk dan kebijakan yang digunakan secara efektif untuk mencocokkan program pemasaran (produk, harga, promosi, dan distribusi) dengan peluang pasar sasaran guna mencapai sasaran usaha.
Menurut Stanton, Bauran pemasaran adalah Kombinasi dari empat variable yaitu kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi dan system distribusi.
Sedangkan Swastha, memberikan pengertian marketing mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
Dari pendapat para ahli tersebut dapat sarikan bahwa Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang dilakukan secara bersamaan. Dalam bahasa yang lebih sederhana, suatu strategi bauran pemasaran pada dasarnya menunjukkan bagaimana sasaran pemasaran dapat dicapai.
Tingkatan yang menggabungkan elemen penting pemasaran benda atau jasa, seperti keunggulan produk, penetapan harga, pengemasan produk, periklanan, persediaan barang, distribusi, dan anggraan pemasaran, dalam usaha memasarkan sebuah produk atau jasa merupakan gambaran jelas mengenai bauran pemasaran.
Pada tingkatan tersebut terdapat perincian mengenai product, price, place, dan promotion, atau yang lebih sering dikenal sebagai 4P in marketing. Penggunaan konsep bauran pemasaran sudah dianggap sebagai sebuah keharusan. Karena itu, tidak jarang orang memandang pemasaran hanya sebatas marketing mix atau bauran pemasaran.
  1. Produk (Product), Pruduk dapat berupa Sebuah benda atau pelayanan yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik itu kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder.
  2. Harga (Price),Harga dapat diartikan sebagai ekspresi dari sebuah nilai, dimana nilai tersebut menyangkut kegunaan dan kualitas produk, citra yang terbentuk melalui iklan dan promosi, ketersediaan produk melalui jaringan distribusi dan layanan yang menyertainya.
  3. Distribusi / Lokasi (Place),Lokasi diartikan sebagai distribusi. Distribusi adalah bagaimana produk dapat sampai pada pengguna akhir, yang dalam hal ini adalah pelanggan dengan biaya yang seminimal mungkin tanpa mengurangi kepuasan pelanggan dan apa pengaruhnya pada keseimbangan keuangan perusahaan. Lokasi juga dapat diartikan sebagai pemilihan tempat atau lokasi usaha. Perencanaan pemilihan lokasi yang baik, tidak hanya berdasar pada istilah strategis, dalam artian memandang pada jauh dekatnya pada pusat kota atau mudah tidaknya akomodasi menuju tempat tersebut.
  4. Promosi (Promotion), Dalam buku The Fall of Advertising and The Rise of PR, Al Risedan Laura Rise, menyatakan bahwa untuk membangun merek, yang diperlukan adalah PR, sedangkan iklan pada sisi lain berfungsi untuk mempertahankan eksistensi merek. Setiap hari kita selalu bertemu dengan yang namanya iklan, baik yang tersedia di media cetak maupun elektronik. Costumer yang semakain pintar tidak lagi percaya dan mau untuk menerima begitu saja pesan-pesan yang beredar setiap harinya. Para pembeli umumnya berbeda antara satu dengan lainnya di pasar, baik dalam motif dan perilaku maupun dalam kebiasaan pembeliannya, yang semua menunjukkan ciri atau sifat pembeli / konsumen tersebut. Perbedaan ini menunjukkan bahwa pasar suatu produk tidak homogen, tetapi heterogen pada kenyataannya. Dengan dasar ini, maka amatlah sulit bagi suatu perusahaan untuk melayani seluruh pasar yang ada, sehingga dapat memberikan kepuasan konsumen yang berbeda-beda. Upaya pemenuhan kepuasan pelanggan melalui penciptaan, penyerahan, dan pengkomunikasian nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih merupakan kunci utama konsep pemasaran.
Di dalam konsep pemasaran holistik mengakui bahwa "segala sesuatu bisa terjadi" pada pemasaran dan pemasaran perspektif yang luas dan terpadu sering dibutuhkan.
Kotler dan Keller, berpendapat ada Empat komponen dari pemasaran holistik adalah pemasaran hubungan, pemasaran terpadu, pemasaran internal, dan pemasaran yang bertanggung jawab sosial.
McCharthy, mengklasifikasikan marketing mix menjadi 4 kelompok besar 4 P, yaitu: produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).
Robert Lauterborn, mengemukakan 4 P penjual berhubungan dengan empat C pelanggan. Product dipandang dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen (Customer needs and wants), Price disesuaikan dengan kemampuan konsumen (Cost to customer), Place yang memiiki kenyamanan (Convenience), dan Promotion yang dapat menjalin komunikasi timbal balik antara prosusen dan konsumen (Communication). Perusahaan yang menang nantinya adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara ekonomis, nyaman dan dengan komunikasi yang efektif.
Pada dasarnya segmentasi pasar merupakan suatu strategi yang didasarkan pada falsafah manajemen pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah, dan sumber daya perusahaan di bidang pemasaran lebih efektif dan efisien.

Manfaat Bauran pemasaran atau Marketing Mix

Di dalam Marketing Mix tidak hanya membahas pemasaran atau penjualan saja, akan tetapi juga menyangkut seluruh proses dari pembuatan promosi sampai dengan penjualan. Disini dijelaskan bagaimana cara mendesain produk agar bisa menarik pelanggan, bagaimana cara menentukan harga, letak atau posisi dimana produk akan dipasarkan dan promosi apa yang dipilih agar konsumen menjadi tertarik. Sehingga para pengusaha tersebut akan mendapatkan berbagai manfaat dari mempelajari marketing mix, manfaat marketing mix adalah:
  1. Dapat menentukan produk apa yang akan diproduksi
  2. Dapat menentukan harga yang sesuai
  3. Bisa menganalisis dimana akan menempatkan atau menjual produk
  4. Memilih segmen mana yang cocok dengan produknya
  5. Iklan apa yang sesuai
  6. Meningkatkan kreatifitas dalam berinovasi Menghadapi persaingan
Dari berbagai manfaat itu bisa disimpulkan bahwa peran dari Marketing Mix di dalam dunia usaha sangatlah urgen, sehingga sebagai seorang pengusaha harus benar-benar bisa menerapkanya di dalam menghadapi dunia kewirausahaan yang semakin berkembang.

3 komentar

  1. 👍👍
    1. 🤣
    2. mantul